Selasa, 08 Oktober 2013

Solusi Jika Lidah Tergigit Tak Sengaja

Saat lidah tak sengaja tergigit, periksa lukanya apakah lukanya di bagian luar saja atau cukup dalam. Apabila sampai mengeluarkan darah, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Air garam
Berkumur dengan air hangat yang sudah ditaburi garam sejenak. Cara ini akan membantu Anda untuk mencegah infeksi dan membunuh bakteri yang akan mengancam luka lidah.

Kompres dengan es batu
Kemudian kompres lidah dengan es batu agar pendarahannya berhenti dan luka lebih cepat tertutup. Rasanya mungkin akan sedikit ngilu, namun cobalah bertahan sehingga luka tidak semakin banyak mengeluarkan darah.

Sembuhkan luka dengan baking soda
Campurkan sedikit baking soda dengan air. Kemudian aplikasikan pada bagian lidah yang terluka dengan menggunakan cotton bud. Rasanya mungkin akan sedikit pedih, namun lukanya akan segera tertutup dengan alami dan cepat.

Kompres dengan madu
Madu adalah cara tercepat dan aman untuk membantu mengeringkan luka dan mencegah infeksi. Kompres luka dengan menggunakan 1 sdt madu yang didiamkan di mulut agar ia dapat bekerja menutup luka.
Selain itu madu akan membantu mengembalikan nafsu makan karena ia meredakan nyeri di lidah.

Jangan makan pedas
Hindari terlebih dahulu makanan yang pedas-pedas dan berbumbu. Makanan pedas akan membuat luka semakin meradang dan memperparah luka gigitan di lidah. Alhasil, biasanya lidah akan bengkak kemudian penyembuhannya lama.
Apabila Anda mengalami lidah tergigit, Anda bisa mencoba beberapa tips di atas agar lukanya cepat sembuh dan Anda kembali bisa menikmati makanan dengan enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar