Minggu, 08 September 2013

Trending Topic Di Dalam Facebook

Facebook tampak belajar banyak dari Twitter untuk memperkaya layanan jejaring sosialnya. Setelah dua bulan meluncurkan tanda pagar (tagar) untuk menandai suatu topik yang sedang dibicarakan, kini Facebook berencana menyematkan fitur semacam trending topic.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu mulai menguji fitur "Trending" dalam halaman News Feed di situs web. Ini merupakan penanda tentang topik yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna Facebook secara real-time di suatu kota atau negara.

Seorang juru bicara Facebook mengonfirmasi rencana tersebut. "Kami sedang menjalankan tes kecil pada News Feed. Sekarang ini hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna di Amerika Serikat dan masih dalam tahap awal pengembangan," kata juru bicara kepada The Wall Street Journal.

Di sini, algoritma Facebook akan melakukan pengelompokan terhadap topik yang sama. Misalnya, ada yang membicarakan topik dengan #MLK dan Martin Luther, maka algoritma Facebook akan mengelompokan di bawah topik "Martin Luther King, Jr".

Twitter sudah lama memakai tagar dan menyediakan fitur trending topics untuk memudahkan pengguna melacak pembicaraan. Bagi Facebook, fitur tagar dan trending bisa menjadi potensi bisnis iklan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar